5 Tips Saat Memanjat Tebing

Panjat tebing merupakan sebuah olah raga plihan untuk para adrenaline junkie. Olah raga ini juga kerap menjadi pilihan bagi mereka yang suka melakukan petualangan outdoor. Meski tampak menyenangkan, panjat tebing membutuhkan teknik teknik teetentu untuk melakukannya dengan benar dan baik.

Kalau didefinisikan secara umumnya panjat tebing dapat menjadi bagian dari aktivitas mendaki yang tidak biasa untuk biasa karena untuk mencapai puncaknya, kita harus memanjat, bukan berjalan kaki. Kita juga harus menggunakan alat – alat khusus.

Kalau Anda merupakan seorang pemula dalam panjat tebing, jangan melakukan kegiatan ini tanpa mengetahui apa saja yang harus dipersiapkan. Berikut ini ada beberapa tips yang ditujukan untuk pemula.

Tips Panjat Tebing Untuk Pemula

1.Siapkan Mental Anda

Yang pertama pastinya Anda harus memiliki mental yang cukup. Hal ini dikarenakan panjat tebing membutuhkan perhitungan yang tepat untuk bisa memilih jalur dan juga kepercayaan diri saat sedang menaiki tebing. Oleh karena itu persiapan mental sangat dibutuhkan agar nantinya pikiran akan tetap tenang dan juga lebih fokus saat memanjat.

Kalau mental Anda tidak siap, bukan tidak mungkin Anda akan panik saat sudah melakukan pemanjatan. Hal ini cukup berbahaya bagi keselamatan. Oleh karena itu olah raga ini sangat tidak dianjurkan bagi Anda yang takut dengan ketinggian.

2.Latihan Fisik

Para pemanjat tebing biasanya melakukan latihan fisik sebelum memulai aksinya. Hal ini menjadi sebuah modal untuk melakukan panjat tebing. Agar tubuh benar – benar siap, sebaiknya melatih semua otot tubuh dengan latihan fisik yang dilakukan secara rutin.

Banyak latihan fisik yang bisa dilakukan, mulai dari lari, angkat beban, push up, dan masih banyak latihan lainnya yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kekuatan dan juga stamina.

3.Peregangan dan Pemanasan

Kelenturan otot merupakan hal yang tidak boleh Anda abaikan sama sekali, karena saat memanjat dilakukan, kelenturan tubuh sangatlah dibutuhkan agar tidak kaku ketika bergerak. Jadi sangat dianjurkan melakukan pemanasan sebelum Anda memulai panjat tebing. Tidak inginkan nanti cedera hanya karena tidak melakukan pemanasan?

4.Periksa Peralatan

Pastikan Anda tidak langsung memanjat saat sudah melakukan beberapa hal di atas. Karena Anda hasru mengecek apakah peralatan yang dibawa sudah lengkap atau belum. Periksa bagian tali harness, yaitu pengaman yang ada pada pinggang dan pastikan tali harness tersebut sudah diikat 2 kali agar semakin aman. Sebaiknya pilih yang jenis simpul 8 agar aman.

Setelah itu pastikan siapkan kapur magnesium agar tidak tergelincir atau licin saat sedang memanjat tebing.

5.Pahami Rute Pemnjatan

Untuk Anda yang pemula, cobalah fokus terhadap bagaimana nanti menghadapi rintangan yang ada. Selain itu ketahui dengan benar medan seperti apa yang akan dihadapi. Jangan ingin cepat namun Anda tidak melihat panjatan tersebut aman atau tidak.

Pilihlah pijakan yang aman dan juga yang ditempatkkan pada posisi yang benar. Tangan harus pada posisi yang benar dan jangan memilih rute dengan terburu – buru. Anda juga harus terarah agar nantinya rintangan yang dihadapi menjadi lebh minim.

Nah itulah beberapa tips untuk memanjat tebing bagi pemula. Jika Anda sudah siap melakukan panjat tebing, jangan lakukan sendiri, mintalah bantuan orang yang lebih profesional agar saat memanjat ia dapat mengarahkan Anda harus bagaimana.

Selain itu memanjat tebing bersama dengan teman akan terasa lebih menyenangkan dan terasa sisi kebersamaannya. Semangat memanjat tebing!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *