All posts by author

BERAGAM MACAM OLAHRAGA OUTDOOR YANG PALING BANYAK DIGEMARI OLEH BANYAK ORANG

Olahraga menjadi salah satu aktivitas yang lumayan bnayak digemari oleh banyak orang. Selain bisa membuat badan menjadi fit dana bugar, olahraga pun memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh.

Aktivitas ini bisa dilakukan oleh siapapun, selain mendapat tubuh yang sehat, dengan olahraga pun akan mendapatkan bonus yaitu badan yang langsing. Apapun olahraganya mau di indoor ataupun di outdoor, akan memiliki manfaatnya tersendiri. Ada orang yang lebih suka olahraga di indoor, namun ada pula yang lebih memilih untuk olahraga di oudoor, itu semua tergantung preferensi pribadi masing-masing.

Ada beberapa alasan kuat mengapa banyak orang lebih memilih untuk olahraga di outdoor. Olahraga outdoor cenderung akan membakar kalori lebih banyak dan banyak menghasilkan keringat yang berlebih. Olahraga di luar rumah jika dilakukan saat pagi hari, kamu akan mendapatan vitamin D yang berasal dari matahari yang bisa menjaga imun tubuh. Selain itu olahraga di outdoor bisa menghirup udara lebih banyak karena oksigennya bisa dirasakan secara langsung dan lebih fresh. 

Kali ini kita akan bahas versi olahraga di outdoor. Simak ya guys!

1.Lari/jogging

Lari merupakan olahraga yang paling basic dan banyak dilakukan oleh banyak orang. Olahraga ini gak perlu mengeluarkan biaya yang banyak, hanya buat niat yang kuat. Banyak manfaat yang bisa dihasilkan dari lari yaitu menyehatkan jantung, badan bisa menjadi langsing, dan olahraga ini sangat baik untuk kesehatan paru-paru. Jika dilakukan secara rutin, olahraga ini bisa melunturkan lemak yang ada di tubuh loh.

2.High-Intensity Interval Training (HIIT)

HIIT merupakan olahraga yang bisa membakar lebih banyak kalori namun dilakukan dengan durasi yang lebih singkat. Olahraga ini memang sedikit berat dilakukan dan bisa terasa lebih capek. Walaupun sebenernya HIIT ini bisa di lakukan di indoor, tapi alangkah baiknya jika dilakukan di tempat yang outdoor agar kalori yang dibakar bisa lebih banyak. HIIT cardio ini jika dilakukan secara tepat, sekitar 15 menit, sama saja seperti kamu sedang berada di gym dengna durasi 1 jam.

3.Arung Jeram

Arung Jeram salah satu olahraga yang menyenangkan sekaligus bisa menantang adrenalin. Karena gak semua orang menyukai olahraga yang satu ini dikarenakan takut tenggelam atau gak bisa renang. Arung Jeram ini biasanya dilakukan oleh sekelompok orang di sebuah sungai dengan aliran air yang cukup deras. Setiap orangnya pun harus memakai pelampung, agar sewaktu-waktu jatuh dari perahu, tak tenggelam.

4.Hiking

Entah aktivitas ini bisa dikatakan sebagai olahraga atau bukan, namun kamu harus cukup kuat untuk melakukan hiking ini. Selain memberikan manfaat yang baik bagi kesehatan karena dengan hiking kita berjalan cukup jauh, hiking juga bisa membuat pikiran lebih tenang dan biasanya dilakukan oleh sekelompok orang. Hiking ini harus ditemani oleh orang yang udah ahli atau sudah terbiasa dengan hiking, agar mengetahui seperti apa medannya. Hiking ini biasanya dilakukan oleh lelaki, namun tak menutup kemungkinan jika wanita pun melakukan aktivitas ini.

5.Senam

Bagi kamu yang menyukai olahraga ringan, kamu bisa lakukan olahraga senam ini. Senam biasanya dilakukan oleh sekumpulan perempuan yang biasanya di pandu oleh satu orang yang berada di paling depan. Lebih asyik lagi, jika kamu melakukan senam dengan diiringi oleh musik. Dan lebih baik lagi jika dilakukan di luar ruangan agar tempatnya lebih leluasa dan bisa berjarak dengan yang lain, selain itu agar mendapat udara yang segar.

Itulah 5 olahraga outdoor yang bisa kamu lakukan. Kalian suka yang mana? Olahraga mulai dari sekarang yuk!

KEGIATAN OUTDOOR SAAT PANDEMI

Gak kerasa sudah berbulan-bulan kita berada di tengah-tengah pandemic. Antara bosan dan sudah kelewat bosan pun sudah kita rasakan. Dari mulai lockdown dirumah, hingga sekarang sudah banyak orang-orang yang memberanikan diri untuk keluar rumah untuk beberapa kepentingan. Disamping itu juga mereka sudah bingung mau ngapain dirumah, tapi tentu saja tetap dengan protokol kesehatan.

Bahkan sekolah online/kuliah online yang membuat jenuh dan malah bikin pusing. Gak jarang banyak orang-orang yang sengaja refreshing atau melakukan kegiatan-kegiatan tersebut diluar rumah. Bukannya mengabaikan pandemic, tapi jika benar-benar ada yang diam dirumah dari bulan Maret, kebayang gak sih sebosen apa?

Setidaknya cukup bertemu dengan teman atau sekedar berkeliling kota di malam hari sudah bisa menyenangkan hati dan pikiran. Kita ada beberapa aktivitas nih yang bisa ngilangin bosan kamu yang tiap harinya dirumah, simak ya!

1.Menonton Film Drive-in

Menonton Film Drive-in

Saat dunia diterjang pandemic, semua aspek yang melayani masyarakat hingga hiburan yang ditutup demi kepentingan bersama agar bisa memutuskan rantai virus. Salah satu hiburan yang sering kita kunjungi adalah bioskop. Tapi jangan khawatir buat kamu yang ingin dan kangen untuk nonton bioskop, ada beberapa kota yang sudah menyediakan bisokop drive in seperti di Jakarta, Tangerang dan Bandung. Jadi kamu akan datang ke tempat yang lumayan luas untuk parkir mobil, lalu ada layar di tengah. Jadi semua mobil yang terpakir sudah bisa menikmati film dari dalam mobil.

Jika kamu lapar, kamu pun bisa menghubungi tim yang ada disana untuk mengantarkan makanan yang kamu pesan. Jadi kamu gak perlu turun mobil dan gak ketemu banyak orang deh.

2.Dinner di resto/café outdoor atau di rooftop

Dinner di resto/café outdoor atau di rooftop

Salah satu aktivitas yang bisa kamu lakukan untuk quality time dengan orang terdekat yaitu dinner. Jangan cuma dinner di resto yang di dalam mall, atau resto-resto yang tertutup, cobalah sekali-kali ke resto atau café outdoor sehingga kamu bisa menghirup udara lebih segar. Hal ini juga bisa menghindari kamu dari desakan penuh orang pada area indoor. Dengan begitu kamu pun bisa mendapat udara yang segar, sekaligus pemandangan yang indah. Tapi tetap saja ya guys, kalian harus tetap menerapak protokol kesehatan dengan selalu mencuci tangan dan wajib memakai masker.

3.Barbeque di halaman rumah

Barbeque di halaman rumah

Melakukan aktivitas yang menyenangkan gak selalu harus di luar rumah kok. Salah satu alternatif jika kamu bosan dirumah tapi mager keluar, kamu bisa mengadakan barbeque dengan cara mengundang teman-teman untuk datang ke rumah. Dengan begitu kita hanya tau bagaimana kondisi orang-orang disekitar kita dan kita pun gak banyak berinteraksi dengan orang lain yang gak dikenal. Jadi mencari kebahagiaan itu gak perlu keluar rumah kan?

4.Berkeliling ke sudut kota / night drive

Berkeliling ke sudut kota / night drive

Kalau kamu masih parno atau takut untuk berkumpul dengan banyak orang tapi kamu bosen jika harus diam terus di rumah, kamu bisa berkeliling kota di malam hari. Even itu mau naik motor atau mobil, cobain deh rasanya seru banget. Alangkah baiknya jangan keluar ketika hujan, karena kamu gak bisa menikmati pemandangan di jalan. Bermacet-macetan di jalan, liat orang-orang yang berjualan, dan deep talk pas di jalan itu adalah moment yang paling berharga.

Itulah 4 hal yang bisa kamu lakukan disaat pandemic, gak perlu mengeluarkan uang yang banyak kan untuk melakukan itu semua? Selamat mencoba ya!

AKTIVITAS YANG PAS UNTUK AKHIR PEKAN

Akhir pekan memang sangat pas bila digunakan sebagai waktu istirahat. Banyak yang menghabiskan waktunya dirumah untuk sekedar bersih-bersih rumah, istirahat, nonton film dan santai, bahkan ada pula yang malah keluar rumah untuk merefreshkan diri.

Mungkin untuk beberapa orang, menghabiskan waktu di luar rumah lebih seru ketimbang hanya berdiam dirumah untuk istirahat. Ya walaupun istirahat juga penting, tapi terkadang diam di rumah juga bikin bosan. Tentunya kamu perlu suasana yang baru untuk bisa menyegarkan pikiran dari kesibukan selama weekday.

Nah banyak aktivitas di luar rumah yang pas banget untuk menghabiskan waktu di akhir pekan, tentunya ini bisa dilakukan oleh teman-temanmu atau keluargamu. Kira-kira seperti apa ya aktivitasnya? Simak dulu yuk!

1.Piknik

Piknik

Piknik adalah salah satu kegiatan yang sering dilakukan akhir-akhir ini saat sedang pandemic. Kita bisa melakukannya di dekat-dekat rumah atau ke tempat yang sekalian jauh dari rumah. Kegiatan ini cocok banget untuk quality time dengan orang terdekat. Dengan membawa makanan yang cukup, alas utuk duduk, buku, kamera dan pakai baju yang proper sangat seru untuk dilakukan.

Tak lupa juga bila kegiatan seperti ini diajakan untuk photoshoot, itung-itung nambah stock foto buat di Instagram kan. Ohiya cari tempat yang nyaman dan sejuk, sehingga piknikmu bisa jadi lebih menyenangnkan.

2.Bersepeda

Bersepeda

Salah satu olahraga yang akhir-akhirnya sedang hype banget dilakukan oleh orang-orang adalah bersepeda. Terlepas itu untuk olahraga atau hanya untuk bergaya saja, sekarang bersepeda sudah menjadi lifestyle orang-orang. Kita bisa melihat di sudut kota pasti saja ada yang sedang bersepeda.

Selain bisa membuat tubuh menjadi sehat, pikiran pun akan menjadi lebih tenang. Nah jika kamu gak terbiasa untuk bersepeda yang terlalu jauh, kamu bisa berkeliling komplek atau wilayah rumahmu. Jangan sesekali memaksakan diri ya, karena kalau yang belum terbiasa pasti setelahnya tubuh akan terasa sangat cape.

3.Pergi ke taman kota

Pergi ke taman kota

Menghabiskan waktu di akhir pekan gak butuh biaya yang besar kok guys. Banyak yang bisa dilakukan dan gak akan ngeluarin uang banyak contohnya pergi ke taman kota. Meskipun sederhana, tapi setidaknya kamu bisa melihat keindahan kota, berjalan menikmati pemandangan dan mungkin bisa berinteraksi dengan orang lain.

Kamu pun bisa duduk-duduk di taman kota sembari baca buku atau mendengarkan lagu. Atau kamu senang berjalan menyusuri sudut kota? bisa banget. Merefreskan diri gak perlu mengeluarkan uang yang banyak kan? yang kamu perlukan hanyalah tenaga agar kuat dalam berjalan.

4.Hunting Foto

Hunting Foto

Siapa disini yang senang banget sama foto? Jika kamu memang senang difoto atau suka dengan fotografi, kegiatan yang satu ini cocok banget dan pastinya bakalan menyenangkan. Hunting foto gak harus ke tempat yang bagus dan memiliki kamera yang bagus ya guys. asal kalian bisa bergaya dan pintar mengambil gambarnya, hasil fotomu pasti bagus. Suka foto? Gak perlu punya kamera, gunakan aja smartphone dan kasih sentuhan edit agar lebih perfect.

Dengan begitu, kamu bisa mengasah hobi dan juga bisa memperbanyak portofolio. Kamu juga jadi punya banyak stock foto untuk di update nanti hihi.

Itulah 4 kegiatan sederhana yang bisa dilakukan selama akhir pekan. Gak perlu yang ribet, asal bisa buat diri kamu lebih bahagia dan tentunya bisa jadi rutinitas kamu di pekan selanjutnya. Semoga bermanfaat!

AKTIVITAS SERU DILUAR RUMAH

Berkegiatan diluar rumah memang lebih seru dibandingkan kehidupan di dalam rumah. Banyak kegiatan yang bisa dilakukan apalagi berbarengan dengan orang terdekat. Kegiatan di luar rumah pun akan membentuk kita sebagai makhluk sosial, dimana kita bisa bertemu orang baru, berinteraksi satu sama lain.


Ada pula orang yang gak betah di rumah karena merasa dirinya gak produktif dan malah bermalas-malasan. Ada pula yang terlalu sering berkegiatan diluar rumah sehingga rumah hanya dipakai sebagai tempat beristirahat saja. Nah bagi kamu nih yang lagi gak ada kegiatan dirumah dan ingin setidaknya produktif atau ada hal positif yang bisa kamu lakukan, kamu bisa lakukan hal-hal dibawah ini.

1.Lari Pagi / Jogging Pagi

Lari Pagi / Jogging Pagi

Lari pagi merupakan aktivitas yang mungkin sebagian orang sering lakukan. Banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan dari lari pagi. Salah satunya tubuh menjadi lebih bugar dan fit. Walaupun kadang ada rasa malas untuk lari karena alasan masih ngantuk, tapi jangan sampai kamu lewatkan aktivitas yang satu ini. Lari setidaknya 30 – 45 menit sehari bisa menyehatkan jantung. Gak cuma itu saja, paru-parumu bisa jadi lebih sehat apalagi buat kamu yang sering merokok.

Dengan lari pun bisa membuat otot kaki dan bagian perut bisa menjadi lebih kencang sehingga tubuh tetap kuat dan sehat. Dan yang terakhir manfaat lari itu bisa membakar kalori dan cocok banget bagi yang sedang program diet. Jika dilakukan secara rutin, dijamin deh lemak-lemak pun bakal say good bye!

2.Sunmori (Sunday Morning Ride)

Sunmori (Sunday Morning Ride)

Kalimat ini identic dengan laki-laki yang sering menjelajahi tempat-tempat menggunakan motor di hari Minggu pagi. Biasanya sunmori ini selalu dilakukan oleh para komunitas bikers atau individu. Kegiatan seperti ini biasanya akan menjalin hubungan, menambah relasi, dan menyalurkan hobinya terhadap motor. Ada juga sunmori yang sengaja dilakukan sebagai kegiatan sosial misalnya memberi makanan kepada orang-orang yang dijalanan.

Aktivitas ini juga biasanya dilakukan oleh remaja hingga dewasa. Dengan kegiatan ini tentunya akan melepas penat sejenak dari aktivitas sibuk di weekday. Makanya gak heran kalau dijalanan selalu saja ada segerombolan orang-orang yang memiliki motor serupa.

3.Renang

Renang

Kegiatan diluar lainnya yang bisa kamu lakukan saat lagi ada free time yaitu berenang. Renang adalah salah satu olahraga yang dilakukan di air. Renang juga bisa menjadi hobi bahkan bisa menghasilkan uang. Banyak gaya-gaya renang yang bisa dilakukan seperti gaya dada, punggung, gaya bebas dan gaya kupu-kupu.

Namun kegiatan ini tak banyak disukai oleh orang-orang karena bisa membuat kulit belang apalagi jika renang ketika sedang ada matahari. Oleh karena itu, jangan lupa untuk memakai sunblock sebelum renang dan juga pakai pakaian yang tertutup. Jika kamu ingin menikmati renang dengan udara dan suasana yang masih sejuk, renanglah dipagi hari.

4.Bercocok Tanam

Bercocok Tanam

Saat sedang pandemic banyak orang yang melakukan kegiatan yang biasanya gak pernah dilakukan sebelumnya seperti bercocok tanam. Bercocok tanam itu merupakan hobi bagi sebagian orang, namun bisa juga menjadi hal yang baru. Banyak tanaman-tanaman kecil yang bisa ditanam untuk kamu yang pemula seperti cabai rawit, tomat, kanngkung dan sayuran-sayuran lainnya. Jangan lupa juga untuk diberi air secara rutin agar pertumbuhannya menjadi lebih cepat. Nantinya pasti akan ada perasaan senang bila buah atua sayur-sayur yang telah di tanam tumbuh dan kita pun bisa manen sendiri.

Jadi kalau bingung mau ngapain lagi dirumah biar gak rebahan terus, kalian bisa coba kegiatan-kegiatan diatas yaa! Siapa tau kegiatan tersebut jadi hobi kamu hihi

PRAMUKA SEBAGAI PEMBENTUKAN KARAKTER

Pramuka merupakan salah satu kegiatan diluar ruangan dengan pemberian sebuah wawasan kepada anak-anak. Kegiatan ini biasanya ditemukan pada waktu kita berada di sekolah dasar dan merupakan salah satu mata pelajaran yang wajib di ikuti. Setiap pendidikan sekolah dasar pun selalu menerapkan dan memang sudah ada di kurikulumnya.

Dengan adanya kegiatan seperti ini, diharapkan menjadi pembentukan karakter setiap anak. Karena tak hanya belajar, kegiatan prmauka ini pun akan melatih kerja sama dalam tim, mandiri dalam menyelesaikan masalah, keberanian untuk membuat keputusan dan dilatih untuk memimpin. Tujuan agar anak-anak bisa lebih mengeksplor dunia luar juga menyeimbangi antara pelajaran formal dengan keterampilan. Pembentukan dari pramuka ini pun bisa membuat anak lebih cerdas dalam bersikap dan berperilaku, sehingga akan membentuk karakter yang lebih positif.

Ada yang mengatakan bahwa pramuka ini bukanlah hal yang wajib untuk dilakukan, namun pastinya di setiap tingkat pendidikan selalu diadakan pramuka bahkan ada hingga tingkat perguruan tinggi. Setiap satun pendidikan pun disebutnya berbeda, dimulai dari SD yang disebut dengan Siaga dan Penggalang, SMP disebut dengan Penggalang, SMA disebut dengan penegak dan untuk perguruan tinggi disebut dengan Racana.

Pramuka pun akhirnya dijadikan ekstrakulikuler wajib untuk bisa menciptakan siswa dan siswi yang berkarakter. Karena bukan hanya belajar dan mendapatkan ilmu saja, tapi dalam kegiatan ini pun sering disisipi dengan bermain. Inilah yang membuatnya pramuka tak bosen saat dijalani. Lagipula banyak sekali kegiatan yang bisa dilakukan seperti belajar tentang sandi, menyanyi, menjelajahi beberapa pos dan menjalankan misi. Sehingga lewat kegiatan tersebut, membuat anak-anak lebih bisa mengekspresikan dirinya dan membentuk pribadi yang lebih berani.

Lalu pramuka juga bisa mengasah kemampuan otak kanan. Karena seperti yang sudah kita ketahui bahwa untuk pelajaran intelektual memakai otak sebelah kiri. Sedangkan otak kanan digunakan untuk pengembangan yang malah cenderung jarang dipakai. Tak heran jika pramuka salah satu kegiatan yang bisa dan membangun kreatifitas pada otak kanan. Otak kanan akan dilatih pada hubungan yang berkaitan dengan orang lain seperti berkomunikasi, berinteraksi dan berpikir kreatif.

Selain itu pramuka bisa menghasilkan pribadi yang lebih kuat.Bukan hanya secara fisik, tapi kuat juga secara mental. Seseorang yang mengikuti kegiatan ini pasti akan belajar bagaimana harus bertanggung jawab, disiplin dalam berpakaian, menghargai waktu dan bisa menerapkan Dasa Dharma Pramuka. Karena tak semua pembelajaran hidup bisa di dapatkan dari pembelajaran formal di kelas.

Apalagi banyak juga anak-anak sekolah dasar yang pintar namun tak memiliki keberanian lebih saat didepan orang lain. Nah dengan cara inilah mereka bisa lebih dapat bersosialisasi dengan yang lainnya hingga berani dengan orang lain. Karena mau tidak mau, mereka pun harus mengikuti apa yang diperintahkan agar mentalnya pun di uji. Dengan begitu, pramuka ini bisa melahirkan anak-anak yang hebat.

Jadi bukan hanya sekedar mengikuti kegiatan diluar ruangan dengan bersenang-senang bersama yang lainnya, tapi diharapkan ada pembelajaran hidup yang bisa di terapkan pada kehidupan sehari-hari dan memberi pesan bahwa pramuka bukanlah hanya atribut tapi selebihnya bisa membentuk pribadi yang berkarakter, disiplin, cepat tanggap dalam segala kegiatan.

Pramuka juga banyak dilakukan orang dewasa sebagai wujud pengabdian. Jadi apapun tingkatanna, pramuka ini pun bisa dijadikan sebagai organisasi masyarakat dan pembentukan secara berkala.

Mulai Kebun di Rumah? Ikuti Tips ini, yuk!

Di saat seperti ini, sepertinya anak-anak semakin tidak peduli dengan keadaan sekitarnya dan sibuk dengan gadget mereka. Nah, ini adalah waktunya orang tua untuk bisa mengajak anak melakukan kegiatan yang akan melatih diri mereka. Salah satu kegiatan yang bisa dilakukan untuk membantu orang tua adalah berkebun.

Kenapa berkebun? Ini adalah kegiatan yang unik dan baru untuk kebanyakan anak-anak, biasanya mereka cenderung lebih semangat dalam mempelajari hal-hal baru. Selain itu berkebun juga bisa memberikan hasil, seperti sayur yang bisa dikonsumsi.

Berikut ini adalah beberapa hal yang harus dilakukan sebelum memutuskan untuk berkebun di halaman rumah.

Tips Berkebun di Halaman Rumah

1.Perhatikan Sinar Matahari

Perhatikan Sinar Matahari

Hal penting yang mempengaruhi pertumbuhan tanaman adalah matahari. Tanpa adanya matahari, tanaman akan terhambat pertumbuhannya. Itulah sebabnya kenapa kita harus mengetahui di area mana dari rumah yang mendapatkan cahaya matahari yang cukup.

Jika masih kesulitan dalam menemukan cahaya matahari, bisa dengan cara menemukan tempat yang lebih tinggi dan cara lainnya.

2. Pastikan adanya Sumber Air

Pastikan adanya Sumber Air

Selain sinar matahari, tanaman juga membutuhkan air. Air yang dibutuhkan dalam berkebun tidak harus selalu air yang bersih, bisa juga air bekas cuci beras, bekas cuci sayur, bahkan air hujan, dan pastikan saja kalau air yang digunakan tidak mengandung bahan kimia.

3. Pilih Tanaman yang Merambat

Pilih Tanaman yang Merambat

Saat hendak berkebun atau menanam tanaman di area balkon rumah yang di atasnya tidak terdapat atap, disarankan untuk memilih tanaman yang merambat. Kenapa? Karena ini bisa digunakan untuk mengurangi sinar matahari yang berlebihan sewaktu-waktu.

4. Perbanyak Varian Tanaman

 Perbanyak Varian Tanaman

Ketika berkebun, pastikan tidak hanya menanam satu jenis tanaman saja. Cobalah untuk tanam sejenis tanaman herbal, atau juga tanaman rimpang, yang berbau wangi, sampai ke sayuran. Semakin banyak jenis tanaman yang dimiliki maka ini akan menimbulkan ekosistem yang baik untuk para serangga atau hewan sekitar.

5. Atur secantik Mungkin

Atur secantik Mungkin

Berkebun bukan hanya sekedar merawat tanaman dan membiarkannya tumbuh tanpa tahu nantinya dia akan seperti apa. Karena sebaiknya, kita atur tanaman-tanaman yang kita tanam baik dari sisi warna, fungsi, sampai ke estetikanya. Dengan demikian kegiatan berkebun kita menjadi terasa semakin asik.

Meski namanya berkebun, jangan sampai kebun kita tampak seperti ‘Kebon’ di mana kurang tertata dengan baik. Karena jika demikian, itu hanya akan menimbulkan penyakit baru, seperti datangnya serangga yang tidak diinginkan sampai memenuhi balkon.

6. Perhatikan Sanitasinya

Perhatikan Sanitasinya

Tips terakhir dari kami untuk yang hendak berkebun di rumah adalah harus bisa memperhatikan dengan baik sanitasi kebun rumah. Apa sih Sanitasi itu? Sanitasi merupakan perilaku untuk membersihkan dan mengendalikan populasi hama yang ada di tanaman, caranya adalah dengan membersihkan sisa tanaman yang membantu dalam mengurangi laju peningkatan populasi hama.

Tapi kita tidak selalu bisa membersihkan segala Hama yang ada, tapi setidaknya kita bisa menghilangkan hal-hal yang semakin mengundang hama untuk datang.

Itulah beberapa tips yang bisa dilakukan untuk berkebun di rumah. Kegiatan berkebun memang tampak mengasyikkan, apalagi jika dilakukan bersama dengan anggota keluarga. Namun, jangan sampai kegiatan ini hanya bertahan beberapa saat saja lalu bosan dan tinggalkan, karena nantinya tanaman yang sudah ada di kebun bisa mati kering dan malah menimbulkan masalah baru. Jadi setelah membaca artikel ini, apakah niat untuk berkebun?

Tersesat di Hutan? Cara ini Membantumu Dari Dehidrasi

Menjelajah hutan memang suatu hal yang menyenangkan, terlebih lagi jika dilakukan bersama dengan teman atau sahabat. Tetapi terkadang jika sudah menjelajah hutan, kita menjadi lupa tempat dan waktu. Ternyata ini membuat sebagian orang menjadi lupa di mana mereka memulai dan di mana mereka sekarang.

Dalam kondisi terburuk tersebut, biasanya kita membutuhkan banyak asupan untuk tubuh, salah satunya adalah air. Tapi di mana kita bisa menemukan air di hutan ketika tengah tersesat?

Berikut ini adalah beberapa tips dari kami untuk kamu lakukan ketika sedang tersesat di hutan.

Tips Cari Air di Hutan

1.Cari Danau, Sungai, dan Aliran Air

Pada saat kita tersesat di hutan, janganlah pilih-pilih air yang ingin diminum. Cari mata air di hutan, seperti misalnya pada rawa-rawa, sungai, atau aliran air di hutan. Biasanya air yang mengalir dari tempat yang tinggi lebih higienis untuk diminum.

Jika sudah merasa dehidrasi, tidak ada salahnya untuk meminum air-air dari sumber ini. Kalau sudah merasa dehidrasi, kamu bisa lemas dan membuat sulit untuk bisa keluar dari hutan. Sebabnya cobalah untuk membiasakan diri dengan air dari pegunungan atau air sungai dan danau di hutan.

2. Cari Genangan Air

Tidak seperti di film-film, ternyata untuk mencari sumber air seperti yang disebutkan di atas bukanlah hal yang mudah. Sebagai gantinya, cobalah untuk menemukan genangan air di hutan. Di berbagai tempat kamu bisa menemukan genangan air, seperti pada cekungan tanah, lekukan pohon, dan lainnya.

Tetapi kamu harus berhati-hati, karena air ini mudah terkontaminasi. Jadi sebelum meminumnya sebaiknya periksa dulu apakah terdapat hewan hidup atau alga di sana. Untuk memastikannya, bisa rendam kain ke genangan air tersebut dan peras ke dalam wadah, sehingga kotoran bisa terperangkap pada kain itu. Lebih baik lagi kalau bisa sebaiknya airnya direbus terlebih dahulu.

3. Tampung Air Hujan

Kalau biasanya dalam keadaan biasa kita cukup kesal dengan turunnya hujan, ternyata kalau di hutan air hujan bisa dimanfaatkan untuk diminum. Bentangkan wadah atau jas hujan, lalu tampung air hujan yang turun. Lakukan ini ketika hujan sedang turun, dengan demikian bisa dapat stok air yang banyak di tengah hutan.

4. Minum Air Embun

Di hutan, terutama ketika sedang pagi hari saat belum ada matahari, kita sangat mudah untuk bisa menemukan embun di dedaunan. Embun bisa dikumpulkan dengan cara mengusapkan kain yang menyerap air ke dedaunan. Kalau berhasil mendapatkan banyak air embun, nanti kain lama-lama akan meneteskan air. Cara ini tentunya membutuhkan kesabaran ekstra, karena mengumpulkan embun bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan.

5. Memanfaatkan Tanaman

Ternyata tanaman juga banyak yang memiliki kandungan air di dalamnya. Air dapat didapatkan dari akar Pohon yang dekat dari permukaan tanah. Cara ini tentunya sangat membutuhkan tenaga ekstra untuk membabat akarnya. Tetapi kalau memanfaatkan cara ini, diwajibkan untuk berhati-hati, karena banyak juga jenis tanaman yang beracun. Kalau memilih tanaman yang tepat, biasanya air yang dihasilkannya banyak dengan rasa yang manis.

Nah, itulah beberapa cara yang bisa dilakukan ketika sedang tersesat di hutan dan membutuhkan air. Sebaiknya sebelum berencana untuk pergi ke hutan, lebih baik mempelajari berbagai cara yang bisa dimanfaatkan dalam bertahan hidup di hutan, sehingga bisa kembali dengan selamat.