Tersesat di Hutan? Cara ini Membantumu Dari Dehidrasi

Menjelajah hutan memang suatu hal yang menyenangkan, terlebih lagi jika dilakukan bersama dengan teman atau sahabat. Tetapi terkadang jika sudah menjelajah hutan, kita menjadi lupa tempat dan waktu. Ternyata ini membuat sebagian orang menjadi lupa di mana mereka memulai dan di mana mereka sekarang.

Dalam kondisi terburuk tersebut, biasanya kita membutuhkan banyak asupan untuk tubuh, salah satunya adalah air. Tapi di mana kita bisa menemukan air di hutan ketika tengah tersesat?

Berikut ini adalah beberapa tips dari kami untuk kamu lakukan ketika sedang tersesat di hutan.

Tips Cari Air di Hutan

1.Cari Danau, Sungai, dan Aliran Air

Pada saat kita tersesat di hutan, janganlah pilih-pilih air yang ingin diminum. Cari mata air di hutan, seperti misalnya pada rawa-rawa, sungai, atau aliran air di hutan. Biasanya air yang mengalir dari tempat yang tinggi lebih higienis untuk diminum.

Jika sudah merasa dehidrasi, tidak ada salahnya untuk meminum air-air dari sumber ini. Kalau sudah merasa dehidrasi, kamu bisa lemas dan membuat sulit untuk bisa keluar dari hutan. Sebabnya cobalah untuk membiasakan diri dengan air dari pegunungan atau air sungai dan danau di hutan.

2. Cari Genangan Air

Tidak seperti di film-film, ternyata untuk mencari sumber air seperti yang disebutkan di atas bukanlah hal yang mudah. Sebagai gantinya, cobalah untuk menemukan genangan air di hutan. Di berbagai tempat kamu bisa menemukan genangan air, seperti pada cekungan tanah, lekukan pohon, dan lainnya.

Tetapi kamu harus berhati-hati, karena air ini mudah terkontaminasi. Jadi sebelum meminumnya sebaiknya periksa dulu apakah terdapat hewan hidup atau alga di sana. Untuk memastikannya, bisa rendam kain ke genangan air tersebut dan peras ke dalam wadah, sehingga kotoran bisa terperangkap pada kain itu. Lebih baik lagi kalau bisa sebaiknya airnya direbus terlebih dahulu.

3. Tampung Air Hujan

Kalau biasanya dalam keadaan biasa kita cukup kesal dengan turunnya hujan, ternyata kalau di hutan air hujan bisa dimanfaatkan untuk diminum. Bentangkan wadah atau jas hujan, lalu tampung air hujan yang turun. Lakukan ini ketika hujan sedang turun, dengan demikian bisa dapat stok air yang banyak di tengah hutan.

4. Minum Air Embun

Di hutan, terutama ketika sedang pagi hari saat belum ada matahari, kita sangat mudah untuk bisa menemukan embun di dedaunan. Embun bisa dikumpulkan dengan cara mengusapkan kain yang menyerap air ke dedaunan. Kalau berhasil mendapatkan banyak air embun, nanti kain lama-lama akan meneteskan air. Cara ini tentunya membutuhkan kesabaran ekstra, karena mengumpulkan embun bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan.

5. Memanfaatkan Tanaman

Ternyata tanaman juga banyak yang memiliki kandungan air di dalamnya. Air dapat didapatkan dari akar Pohon yang dekat dari permukaan tanah. Cara ini tentunya sangat membutuhkan tenaga ekstra untuk membabat akarnya. Tetapi kalau memanfaatkan cara ini, diwajibkan untuk berhati-hati, karena banyak juga jenis tanaman yang beracun. Kalau memilih tanaman yang tepat, biasanya air yang dihasilkannya banyak dengan rasa yang manis.

Nah, itulah beberapa cara yang bisa dilakukan ketika sedang tersesat di hutan dan membutuhkan air. Sebaiknya sebelum berencana untuk pergi ke hutan, lebih baik mempelajari berbagai cara yang bisa dimanfaatkan dalam bertahan hidup di hutan, sehingga bisa kembali dengan selamat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *