Cara Menyelam untuk Pemula

Ingin mencoba melakukan Scuba Diving? Sebelum melakukannya, coba baca dulu artikel kami berikut ini.

Tahukah kamu kalau Scuba-diving tidak bisa dilakukan dengna asal menyelam begitu saja? Karena untuk melakukan kegiatan ini kamu butuh melalui pelatihan khusus terlebih dahulu. Kenapa seperti itu? Karena pada saat tubuh kita menyelam di bawah air, hangat pada tubuh akan 20 kali lebih cepat hilang dari pada saat kita berada di darat. Hal ini membuat kita memerlukan isolasi yang cukup agar dapat menyelam dengan aman dan nyaman.

Berikut ini adalah beberapa tips untuk para Diver pemula untuk melakukan Scuba Diving.

Tips Dasar Scuba Diving

1.Melakukan Prosedur Entry dengan Baik

Proses untuk masuk ke air atau Entry merupakan proses dimana biasanya penyelam amatir akan merasa takut namun senang. Proses ini dapat dikatakan gampang – gampang susah. Hal ini bisa dilakukan dengan beberapa cara, yaitu dengan memasang Scuba Dive di air atau melompat sambil menggunakan Scuba pada tubuh. Namun untuk para pemula, di sarankan untuk memasang alat tersebut di air.

2.Ikuti Arahan Instruktur

Sebelum melakukan Scuba, kamu akan diberikan instruksi lengkap mengenai bagaimana cara dasar dari menyelam. Dimulai dari cara untuk menggunakan masker oksigen, sampai cara untuk melihat seberapa kadar oksigen yang tersisa yang ada di dalam tabung. Mungkin ini memang terdengar sedikit membosankan, namun sangatlah penting untuk didengarkan. Jika kurang paham mengenai penjelasan yang diberikan, jangan segan untuk bertanya.

3.Pilih Perlengkapan yang Pas

Modal utama untuk menjelajah di bawah laut adalah perlengkapan Diving yang pas. Perlengkapan ini sangatlah penting terutama bagi kamu yang masih seorang pemula. Jika nantinya air masuk kedalam masker kamu, tentunya hal ini akan membuat rasa tidak nyaman juga panik ketika masih berada di bawah air.

Kamu harus memastikan kekencangan dari kacamata saat sedang fitting atau mencoba alat, coba menunduk, apakah kacamata tersebut akan terasa lebih longgar. Lalu jangan lupa untuk mengencangkannya sebelum memasuki air.

Kalau nantinya air sudah terlanjur masuk ke dalam masker, angkat sedikit kepala, buka masker, dan hembuskan air yang masuk dengan hidung secara cepat. Sebaiknya lakukan dulu latihan sebelum benar – benar melakukan diving.

4.Lakuka Pergerakan Tubuh dan Pernafasan dengan baik

Faktor penting lain ketika menyelam adalah jangan menahan nafas saat berada di dalam air. Terkadang secara tidak sadar mungkin kamu akan menahan sedikit nafas ketika menghembuskan nafas melalui mulut.

Sebenarnya hal ini sangatlah berbahaya karena dapat menimbulkan kecelakaan pada bagian paru – paru. POsisi badan juga akan sangat memengaruhi penyelaman sampai daya apung di dalam air. Pastikan badan kamu berada pada posisi yang senyaman mungkin untuk dapat melakukan pergerakan, jangan juga terburu – buru karena tidak ada yang perlu untuk diselesaikan saat sedang penyelaman pemula. Selain itu juga lakukan pergerakan tangan/ kaki dengan benar agar bisa menghasilkan tenaga yang kuat dan tidak cepat lelah.

5.Ingat gerakan Isyarat tangan

Selama di dalam air kamu tidak dapat berbicara, oleh karenanya isyarat tangan menjadi media berkomunikasi saat sedang berada di bawah laut. Jadi kamu harus menghafal dengan baik isyarat yang ada, karena jika salah memahami bisa fatal akibatnya.

6.Sesuaikan telinga dengan tekanan air.

Penyesuaian ini dilakukan dengan cara menutup lubang hidung lalu keluarkan udara lewat hidung dengan tangan yang masih menutup hidung. Bisa juga dilakukan dengan hanya menelan ludah. Sering – sering lakukan ini meski keadaan telinga tidak merasa tertekan.

Nah itu adalah beberapa tips melakukan Scuba Divng. Ingat kamu harus lulus uji sertifikasi terlebih dahulu sebelum melakukan olah raga ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *