Inilah Gunung Terbaik untuk Didaki

Indonesia merupakan negara yang berada pada wilayah seismik paling aktif di dunia. Setidaknya kini terdapat lebih dari 130 gunung berapi yang aktif dan juga rentan dengan letusan penyebab gempa. Meski terdengar menyeramkan karena adanya aktivitas tidak terduga dari gunung, tapi para pendaki gunung merasa tertantang untuk itu.

Mendaki gunung berapi bagi sebagian orang menjadi sebuah pengalaman unik tersendiri, apalagi jika memiliki jalur menantang dengan informasi yang seadanya. Selain itu bisa juga selama mendaki menemukan hutan, kawah, danau, atau hal lain yang akan semakin membuat perjalanan terasa menyenangkan.

Berikut ini adalah beberapa gunung yang paling menyenangkan untuk didaki di Indonesia.

Gunung Berapi Paling Menyenangkan untuk Didaki

1.Gunung Papandayan – Garut

Pertama ada Gunung Papandayan yang berada di Garut, Jawa Barat. Gunung satu ini merupakan gunung favorit untuk para pendaki, karena 2 hari juga sudah cukup untuk mendaki gunung ini. Jadi bagi mereka yang sibuk bisa mencoba untuk mendaki gunung satu ini. Selain itu gunung ini cocok untuk yang merupakan pendaki pemula.

Keunikan lain dari gunung ini ada di kawahnya, yang di mana kawah bisa terlihat setelah mendaki ke puncaknya. Ini berati base camp yang biasa dibangun pada sisi berlawanan dari kawah, di sini base camp tepat berada di bawah kawah. Banyak uap yang muncul membuat pemandangan dari Gunung Papandayan sangat indah. Disini bisa juga ditemukan hutan mati dan padang edelweiss di tempat bernama Tegal Alun.

2.Gunung Merbabu – Jawa Tengah

Gunung merbabu merupakan gunung yang akan menyajikan para pendaki pemandangan matahari terbit yang terbaik, lengkap dengan awan cumulus yang tampak nyaman jika bisa tidur di sana. Ada 2 puncak yang terdapat di Gunung Merbabu, yaitu Puncak Syarief dan juga Puncak Kenteng Songo.

3.Gunung Prau – Wonosobo

Meski bukan merupakan gunung berapi aktif, Gunung Prau ini berada pada kompleks gunung berapi besar, yaitu Dieng Plateau. Oleh karena itu kegiatan panas bumi masih ada di sekitar gunung ini. Selain itu ada juga danau asam yang berada di dataran tinggi sini.

Nama Prau sendiri berarti Perahu, karena bentuknya tampak seperti perahu. Untuk mendaki gunung ini tidak dibutuhkan waktu berhari – hari, jadi cocok untuk yang hendak melakukan pendakian singkat. Meski demikian, pemandangan yang ada pada puncak gunung ini tak kalah menakjubkan dari gunung – gunung lainnya.

4.Gunung Semeru – Jawa Timur

Gunung Semeru dinobatkan sebagai gunung berarti tertinggi yang ada di Jawa Timur dan medan yang dilalui untuk mencapai puncak gunung ini cukuplah berat. Dari basecamp, untuk bisa mencapai tempat bertenda terakhir, mungkin jalur yang ditempuh masih tergolong mudah dengan kemiringan yang normal. Sedangkan jika sudah mencapai titik akhir, akan ada rute pendakian yang berbatu, penuh akan pasir, juga memiliki tanjakan yang curam.

Di gunung ini akan diperlukan usaha ekstra agar bisa mencapai puncak gunung semeru. Tetapi jika sudah tiba di puncak, semua akan terasa terbayarkan.

Jika sudah di sini, cobalah menunggu ledakan kecil rutin yang dimana orang – orang menyebutnya “Wedus Gembel”, ini merupakan sebuah ledakan kecil yang merupakan dampak aktivitas vulkanik dari Gunung Semeru. Jika sudah ke sini, coba habiskan semalam di danau cantik, Ranu Kumbolo.

Nah, itulah beberapa gunung yang direkomendasikan untuk didaki. Keindahannya membuat rasa lelah ketika mendaki terbayarkan dengan sempurna.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *