Kegiatan Susur Sungai

Tahukah kamu apa itu kegiatan susur sungai?

Susur sungai merupakan kegiatan pengenalan pada alam dengan manfaat yang banyak. Salah satu manfaat dari kegiatan ini adalah untuk bisa mencegah banjir bandang. Karena dalam kegiatan ini, kita juga akan mencari sumbatan – sumbatan yang ada di sungai.

Namun saat sedang melakukan susur sungai, keamanan menjadi hal yang wajib menjadi perhatian, karena kegiatan ini cukup berbahaya. Saat melakukan susur sungai, kita dapat menemukan beragam rute atau jalur tracking dengan karakteristik berbeda. Selain itu kita juga bisa merasakan suasana rimba yang sangat asri.

Selain melakukan susur sungai, kita juga bisa sembari hiking & tracking, yaitu dengan malakukan jalan kaki pada suatu tempat di jalan yang berbukit dan pegunungan. Biasanya jalur – jalur ini memiliki panorama yang indah dan biasa digunakan sebagai rute pejalan masyarakat setempat untuk bisa melakukan aktivitas.

Berikut ini ada beberapa tips untuk Anda yang tertarik untuk melakukan susur sungai.

Tips Susur Sungai

1.Perlu Dilengkapi dengan APD

Kegiatan susur sungai tidak bisa dilakukan oleh sembarang orang. Itu sebabnya bagi mereka yang sedang melakukan susur sungai wajib untuk menggunakan APD atau alat pengaman diri. Selain itu jangan juga mengajak anak – anak pada kegiatan ini. Karena medan yang kurang jelas, dikhawatirkan bisa membahayakan anak – anak.

Perhatikan juga alas kaki yang akan digunakan, jangan sembarang menggunakan sandal dengan alas licin. Karena medan yang akan ditempuh nantinya banyak lumut dan berair. Jadi coba lah gunakan sepatu gunung atau semacamnya.

2.Perhatikan Potensi Ancaman

Sudah sebaiknya sebelum memulai melakukan kegiatan ini ntuk bisa memperhatikan kondisi cuaca dan juga kenali potensi ancaman yang mungkin terjadi sedini mungkin. Ini memiliki tujuan untuk menjadi antisipasi dini.

Jika dilakukan dalam kegiatan pramuka, pastikan tidak akan menimbulkan trauma pada kalangan anak. Selain itu saat membawa anak – anak di kegiatan ini perhatikan aspek keselamatan, seperti cuaca, potensi ancaman, sampai ke resiko yang mungkin akan terjadi.

Sehingga nantinya jika terjadi hal yang sudah dipikirkan sebelumnya, bisa lebih mudah mengantisipasinya. Bisa juga membawa barang – barang tambahan yang mungkin diperlukan jika nantinya mengalami ancaman.

3.Izin ke Perangkat Desa

Nah, jika hendak melakukan susur sungai, sebaiknya izin pada perangkat desa atau pengelola wisata. Ini karena pengelola wisata dan perangkat desa lebih mengenali seluk beluk dari lokasi yang nantinya akan digunakan.

Selain itu ini juga bisa menjadi antisipasi jika nantinya tim susur sungai tidak kembali atau tersesat dalam beberapa hari, sehingga pengelola wisata dan perangkat desa akan menjadi lebih sigap. Mereka akan mengetahui tentang tim susur sungai yang belum kembali, sehingga pencarian akan lebih awal dilakukan.

Jadi disarankan jika hendak melakukan susur sungai, sebaiknya untuk membawa seseorang yang memang paham akan daerah tersebut.

Itulah beberapa tips yang wajib diperhatikan ketika hendak melakukan susur sungai. Kegiatan ini memang cukup seru dan menantang untuk dilakukan, apalagi bersama dengan teman – teman. Namun ini juga kegiatan yang berbahaya, karena yang ditemui di depan bukan merupakan daerah yang biasa di akses oleh manusia, merupakan tempat baru yang mungkin akan terkesan asing oleh banyak orang.

Tapi banyak juga manfaat yang bisa didapatkan dari kegiatan ini, jadi kalau ingin melakukannya kita wajib untuk berhati – hati, ya. Semoga informasi ini bisa bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *