Manfaat Berenang Untuk Tubuh

Bagi sebagian orang berenang merupakan kegiatan bersenang – senang sambil bermain air. Namun sebenarnya berenang juga merupakan kegiatan berolahraga, loh. Karena ketika berenang, saluruh badan kita dipaksa untuk bergerak agar tidak tenggelam di dalam air. Berenang menjadi olah raga favorit dari berbagai kalangan, karena dirasa lebih menyenangkan dan efektif jika dibandingkan dengan angkat beban atau berlari di atas treadmill.

Lalu apa saja yang bisa kita dapatkan dari berenang? Berikut ini adalah beberapa manfaat yang bisa kita dapatkan dari kegiatan outdoor satu ini.

Manfaat Berenang

1.Melatih Seluruh Tubuh

Saat kita berenang, bukan hanya otot tangan saja yang bergerak, namun seluruh tubuh. Bahkan ketika berenang kita menggunakan hampir seluruh otot utama tubuh, mulai dari lengan, kaki, sampai ke otot perut.

2.Memperkuat Kardiovaskular

Berenang menjadi salah satu latihan kardio. Dengan berenang kita bisa meningkatkan kekuatan dari otot jantung, paru – paru, dan menyehatkan sistem pernapasan. Sebabnya berenang menjadi sebuah oleh raga rutin yang baik untuk dilakukan.

3.Membakar Kalori Dalam Tubuh

Selain menyehatkan badan, berenang juga bisa membantu membakar kalori yang ada di dalam tubuh. Jumlah kalori yang terbakar saat berenang tergatung dengan berat badan, frekuensi, intensitas, sampai ke jenis gerakan renang yang dilakukan.

4.Baik Untuk Orang Cidera

Saat sedang cidera, orang cenderung mengurangi kegiatan karena sendi yang tengah keselo atau cidera bisa menerima tekanan berlebih dari tubuh yang membuat semakin lamanya proses penyembuhan.

Namun dengan berenang, air akan membantu kita menopang berat tubuh. Jadi sendi dan tulang tidak bekerja terlalu berat. Sehingga olahraga bisa tetap dilakukan tanpa membebani kaki yang cidera.

5.Mengurangi Keparagan Sakit Asma

Kualitas paru – paru bisa ditingkatkan ketika berenang dan membantu mengendalikan sistem pernapasan. Manfaat berenang ini tentunya sangat baik untuk para penderita asma. Meski begitu, bahan disinfektan yang berada pada air kolam dirasa kurang baik untuk penderita asma, jadi disarankan untuk bisa lebih berhati – hati.

6.Aman Dilakukan Ketika Hamil

Saat dalam kondisi hamil, terkadang banyak wanita yang merasa pegal dan nyeri di bagian otot sendi. Jangankan berjalan, ketika tidur juga bisa merasakan sakit serta kesulitan. Nah, untuk mengurangi rasa sakit tersebut, olahraga renang merupakan salah satu pilihan yang terbaik untuk dilakukan karena beban tubuh akan terbantu terangkat karena adanya air.

7.Meningkatkan Suasana Hati

Ketika berolahraga, terutama saat benerang, tubuh bisa melepaskan hormon endorfin yang akan membuat hati kita menjadi lebih senang. Jadi ketika mood sedang buruk, berenang bisa menjadi salah satu solusi terbaik untuk meningkatkan suasana hati.

8.Cocok Dilakukan Segala Usia

Berenang merupakan olahraga yang tidak memiliki batasan umur. Bahkan para orang tua sering kali menyekolahkan bayi – bayi mereka untuk bisa berenang sejak usia dini. Alasan orang tua ini menyekolahkan anak bayi mereka untuk berenang bisa beragam, contohnya ingin menjaga keselamatan anak jika terjadi sesuatu yang tak diinginkan.

Lansia juga kerapkali berenang untuk menjaga kesehatan mereka. Jadi jangan khawatir baru belajar berenang saat sudah memasuki usia tua, karena tidak ada batasan untuk bisa mahir renang.

9.Terjangkau

Tidak harus memiliki kolam renang di rumah untuk bisa berenang, kini sudah banyak fasilitas renang yang bisa ditemukan di berbagai tempat. Harga tiket masuknya pun sangat terangkau, jadi kita bisa tetap sehat dengan murah.

Nah, itulah beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari berenang. Pastikan kolam yang kamu pilih bersih dan terjaga keamanannya, ya! Selamat berolahraga!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *