Rasakan Keseruan Bermain Arung Jeram!

Istilah arung jeram berasal dari kata whitewater rafting atau rafting yang didalam terjemahan bebas didalam bhs inggris artinya mengarungi sungai memakai perahu bersama mengandalkan kemampuan mendayung.

Walaupun pada awal perkembangannya di Indonesia istilah rafting punyai sebagian penyebutan, namun didalam standar kompetensi ini terminologi “arung jeram” dipakai sebagai istilah untuk menjelaskan suatu “kegiatan mengarungi sungai bersama memakai perahu karet maupun wahana sejenis lainnya bersama awak dua orang atau lebih yang mengandalkan kemampuan mendayung”.

Rafting Atau Arung Jeram

Arung jeram udah dikenal di Indonesia sejak th. 70-an melalui kesibukan kepencitaalaman, namun secara komersil baru dimulai pada awal th. 80-an di sungai alas aceh tenggara. Pada pertumbuhan selanjutnya, arung jeram wisata berkembang pesat di bali yang juga ramai orang jadikan destinasi camping pinggir pantai. Disusul kemudian di jawa barat dan hingga pada akhirnya menyebar ke daerah-daerah lain di Indonesia.

Wisata arung jeram kala ini tidak cuma diminati oleh wisatawan mancanegara, untuk sungai-sungai di jawa dan di sumatera arung jeram udah jadi pilihan wisata yang terkenal bagi wisatawan domestik. Arung jeram merupakan salah satu kesibukan olah raga yang miliki nilai rekreasi (sport tourism) yang banyak menarik minat orang untuk mengikutinya. Kalian yang sudah sangat bosan berdiam dirumah bisa mempersiapkan diri untuk kegiatan rafting. Mulai dari mengumpulkan uang dari sbobet login hingga melengkapi kebutuhan bermain arung jeram.

Selain diperlombakan sebagai suatu cabang olah raga, arung jeram juga dianggap sebagai wisata petualangan yang menantang sekaligus atraktif dan menambahkan pengalaman yang lumayan mendalam bagi yang dulu mengikutinya. Saat ini wisata arung jeram udah berkembang jadi industri yang dapat mendorong peningkatan devisa dan penghasilan area dan juga terhubung lapangan kerja yang tidak sedikit ditingkat lokal.

Syarat Bermain Rafting

  • Berdasarkan mediannya : dilakukan di sungai yang berarus.
  • Berdasarkan sarananya : menggunakan perahu berbahan basic karet (inflatable).
  • Berdasarkan tenaga yang digunakan : mengandalkan kemampuan dan kemampuan fisik dalam.
  • Mendayung, baik dayung tunggal, dayung ganda maupun oars.
  • Berdasarkan kuantitas awaknya : berawak dua orang atau lebih di mana salah seorang diantaranya melakukan tindakan sebagai pengemudi.
  • Berdasarkan batasan-batasan diatas, maka kompetensi kepemanduan arung jeram secara tertentu bertujuan bagi kesibukan pemanduan wisata arung jeram sebagaimana terminologi arung jeram diatas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *