Teknik Memancing Untuk Pemula!

Untuk sebagian orang mungkin kegiatan memancing menjadi sebuah hobi yang bisa dilakukan sebagai media pelepas stres. Untuk kamu yang kurang memahami apa serunya memancing, mungkin memang terkesan membosankan. Tetapi sebenarnya kegiatan ini memiliki keseruannya tersendiri. Para pemancing yang melakukan ini sebagai hobi biasanya tidak hanya mencari ikan untuk dimakan, tetapi mereka lebih menyukai sensasi kala kail menangkap ikan.

Aktivitas ini mungkin sangat membutuhkan kesabaran dan juga banyak waktu. Tetapi jika dilakukan dengan mengetahui teknik – teknik yang ada, bisa jadi ini menjadi hobi baru kamu ke depannya. Berikut ini adalah beberapa teknik yang bisa dilakukan untuk kalian yang ingin memulai hobi memancing.

Teknik Pemula dalam Hobi Mancing

1.Flying Lining

Pertama adalah dengan menggunakan Teknik ikan hidup atau umpan lain yang hidup sebagai umpan. Selain itu bisa juga menggunakan Selar, Tembang, kembung, dan baby baraccuda untuk dijadikan umpan.

Ketika memasang umpan, biarkan umpan tetap hidup dan berenang menjauhi kapal. Tunggu hingga ikan – ikan target mulai mendekati umpan dan tertangkap kail. Disarankan ketika menggunakan teknik ini, pasangkan balon pada umpan agar ikan tidak berenang ke bawah, jadi bisa ditangkap dengan mudah.

2.Bottom Fishing

Kedua adalah dengan menggunakan teknik yang paling dasar dan umum, teknik ini sudah biasa digunakan oleh para pemancing. Hanya dibutuhkan rankaian dasar, pasang umpan, cemplungkan ke tempat memancing dan tunggu sampai ikan menyambar umpan.

Biasanya tekbik ini juga menggunakan joran dengan ril spinning atau overhead ril, bahaya jika hanya dengan menggunakan tangan kosong. Pemberat juga dibutuhkan jika menggunakan teknik ini, seperti timah atau besi, namun tergantung dengan kencangnya arus pada perairan.

3.Negek

Kalau ingin memancing ikan Baronang, coba gunakan teknik ini. Selain negek, biasanya orang – orang juga menyebut teknik ini dengan nama ngegarong, karena menggunakan mata kail yang bentuknya seperti matahari. Biasanya teknik ini membutuhkan lumut laut sebagai umpannya. Ada juga umpan lain yang bisa digunakan, salah satunya adalah nasi. Umpan – umpan ini tidak ditempelkan pada pancing, melainkan dijeput di atas garong.

4. Trolling

Teknik Trolling adalah teknik yang digunakan saat hendak memancing ikan tenggiri dan wahoo. Saat menggunakan teknik ini, membutuhkan kecepatan kapal 5-7 knot. Umpan yang dapat digunakan untuk menggunakan teknik ini ada Rapala dan konehead. Konehead sendiri sering kali digunakan untuk memancing ikan Marlina, layaran, atau lemadang.

Jarak umpan ke kapal dapat mencapai 20 – 10 m, tergantung dengan ukuran umpan itu sendiri. Teknik ini juga menggunakan tipe Overhead, yaitu ril yang memiliki posisi di atas joran.

5.Casting

Kelima ada teknik casting yang biasa digunakan untuk memancing ikan kerapu, kakap, atau ikan laut lain. Umpan yang digunakan bisa hanya dengan memanfaatkan umpan tiruan. Cara menggunakan teknik ini adalah dengan melempar umpan menuju target dengan gunakan alat joran dan reel. Inti teknik ini adalah pada cara melemparkan dan menggulung umpan. Tidak terdapat patokan pasti berapa kali lemparan harus dilakukan, sebabnya ini bisa menjadi sarana untuk Anda yang ingin memancing dan juga berolahraga.

Nah, itulah beberapa teknik memancing yang wajib diketahui untuk para pemula. Jika Anda berminat untuk memulai hobi satu ini, jangan sungkan untuk mengajak teman yang ahli dalam memancing, karena dengan demikian Anda akan lebih mudah dalam mendapatkan ilmu baru dan pengalaman yang lebih berkesan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *