Tips Camping Untuk Pemula

Kamu baru pertama kali camping? Atau baru ingin merencanakan camping? Bingung harus membawa apa dan apa saja yang perlu untuk dipersiapkan?

Biasanya mereka yang baru pertama kali akan pergi camping saat hendak mempersiapkan hal yang akan dibawa, masih ragu apakah semua barang yang dibawa diperlukan, atau malahan barang yang sudah ada di dalam tas masih belum cukup untuk keperluan berada di alam liar? Belum lagi nanti pemilihan lokasi yang tidak selalu sesuai dengan rencana.

Oleh karena itu, kami membuat artikel ini untuk Anda yang berencana melakukan aktivitas outdoor seru satu ini. Tujuannya adalah agar Anda yang masih merupakan pemula, akan bisa merasakan seru dan asiknya melakukan aktivitas camping di alam terbuka.

Inilah tips camping bagi pemula untuk dijadikan referensi dalam kegiatan camping.

Tips Camping

1.Ajak Teman

Untuk pergi camping, usahakan kamu memiliki 2-3 orang bersama dengan kamu. Hal ini merupakan suatu hal yang wajib sitaati karena berhubungan dengan standar keselamatan. Gunanya untuk menghindari sesuatu yang tidak diinginkan. Jadi jika terjadi sesuatu, maka anggota camp yang lain akan membantu.

Seperti misalnya seseorang terkena luka bakar saat sedang membakar santapan, yang lain dapat dengan sigap membantunya untuk menyembuhkan luka bakarnya.

2.Tentukan Lokasi yang Tepat

Kamu harus bisa memilih tempat mana yang terbaik untuk lokasi camping kamu. Terdapat banyak tempat camping ground yang berada di daerah Cibubur, Jakarta, Bogor, Bandung, dan tempat – tempat wisata lainnya yang bisa Anda coba.

Salah satu yang bisa Anda jadikan pilihan adalah tempat camping yang berada di Cibodas. Tempat ini terletak di kaki gunung dan memiliki suasana yang sepi juga alami. Terdapat danau, jungle track, hutan, pohon yang tinggi, air terjun, dan banyak hewan yang berada di tempat ini. Bahkan kamu bisa melihat elang dan tupai, hewan yang jarang di temui di kota besar.

3.Tentukan Lama Waktu Camping

Hal ini penting karena jangan sampai Anda tidak merencanakan kapan camping ini selesai. Karena hal ini berhubungan dengan seberapa banyak barang yang akan kamu bawa untuk camping nantinya. Jika kamu sudah menentukan waktu camping, maka kamu bisa menghindari kekurangan pembawaan logistik dari rumah.

4.Siapkan Peralatannya

Selanjutnya siapkan peralatan camping yang dibutuhkan! Biasanya yang dibutuhkan adala Tenda, Sleeping Bag, dan Matras, Hal ini adalah peralatan dasar yang kamu butuhkan untuk berkemah.

Untuk Tendanya, disarankan untuk membawa yang praktis namun tetap nyaman juga kuat. Besar kecilnya silahkan sesuaikan dengan kebutuhan, yang terpenting adalah tenda tersebut anti air agar terbebas dari bocor saat hujan.

Sleeping bagnya cukup ukuran yang standar saja. Yang paling penting adalah sleeping bag tersebut dapat membuat kita tidur nyaman di malam hari dan menghangatkan tubuh dari udara dingin.

Sedangkan matras, biasanya merupakan matras yang terbuat dari bahan yang empuk.

5.Penglengkapan Logistik

Bawalah perbekalan sesuai dengan yang dibutuhkan dengan lamanya kamu akan berkemah. Kamu bisa membawa beberapa perbekalan, seperti nasi, makanan kecil, air minum, pisau kecil, korek api, sepatu hiking, ransel, lampu senter, baju, baju hangat, kaos kaki, alat mandi, sarung tangan,alat masak, topi hangat, P3K, dan juga obat – obatan pribadi.

Jangan sampai kamu membawa semua barang – barang yang sebenarnya tidak diperlukan untuk camping. Hal ini hanya akan memberatkan barang bawaanmu saja.

6.Buat Rencana Kegiatan

 Terakhir adalah perkirakan kegiatan apa yang akan kamu lakukan selama melakukan kegiatan ini. Jadwal ini sangatlah penting untuk di susun, karena hal ini akan membantu camping menjadi berjalan dengan sempurna. Buat dari saat waktu keberangkatan, hingga waktu kamu pulang ke rumah.

Beberapa kegiatan yang bisa dilakukan saat camping seperti acara masak – masak, bercerita sambil mengelilingi api unggun, baberque, menjelajah ala, foto, dan masih banyak kegiatan lain yang bisa dilakukan saat camping.

Jadi bagaimana? Sudah yakin untuk pergi camping?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *