Tips Dalam Bermain Arung Jeram Bagi pemula

Kamu ingin mencoba bermain Arung jeram tapi terlalu takut untuk mencobanya? Tenang, kami memiliki beberapa tips untuk kamu yang pemula dalam bidang ini. Arung jeram memang merupakan salah satu aktivitas yang dapat menantang adrenalin kamu. Keseruan bermain akan semakin terasa saat arus kencang. Sensasi dalam mengikuti arus yang deras dan kencang ini membuat beberapa orang ketagihan untuk bermain Arung jeram.

Namun kamu tidak perlu harus memiliki skill berenang untuk bisa bermain arung jeram, karena olahraga yang satu ini dapat diikuti oleh siapa saja. Berikut ini ada beberapa tips untuk Anda yang merupakan pemula di olahraga ini.

Tips Bermain Arung Jeram

1.Tubuh Harus Dalam Kondisi Fit

Hal pertama dan terpenting yang harus diperhatikan adalah tubuh kamu harus memiliki kondisi yang fit. Periksa kondisi tubuh, jangan memaksakan untuk mengikuti olah raga ini jika sedang merasa tidak enak badan. Hal ini dikarenakan berarung jeram membutuhkan kondisi tubuh fit serta bertenaga, jadi sangat beresiko jika kamu melakukannya dalam kondisi lemas.

2.Pakaian

Pastikan pakaian yang kamu gunakan nyaman selama permainan, disarankan untuk menggunakan pakaian berbahan katun atau gunakan celana pendek. Selain itu lebih baik gunakan sandal jepit gunung agar alas kaki kesayanganmu tidak lepas terbawa arus.

3.Perlengkapan yang Dibutuhkan

Pada umumnya pihak jasa rafting sudah menyediakan perlengkapannya. Perlengkapan itu adalah jaket, helm pelindung, dan juga jaket pelampung. Kamu harus pastikan jaket yang kamu kenakan nyaman untuk dikenakan dan juga pas di badan. Jaket juga jangan sampai terasa longgar atau bahkan terlalu sempit. Helm yang dikenakan juga pastikan terdapat tali dan pas di kepala

4.Pemanasan

Jangan lupa lakukan pemanasan sebelum memulai bermain arung jeram. Pada umumnya, pemandu akan mengajak untuk melakukan pemanasan. Kalau para pemain kurang melakukan pemanasan, kemungkinan akan lebih mudah terkilir atau terjadi keram saat sedang mengayuh dan menahan arus.

5.Posisi Duduk

Posisi duduk ini penting untuk keselamatan kamu saat sedang bermain arung jeram. Duduklah di tepi perahu karet, jangan duduk pada bagian tengah. Formasi duduk juga biasanya disesuaikan dengan bobot pemain. Setelah duduk, jepit kaki pada bagian dasar perahu, sehingga saat kamu terombang ambing akan terasa lebih nyaman dan aman.

6.Dayung

Cara menggunakan dayung juga tidak boleh luput dari perhatian, jika salah menggerakkan dayung dapat berakibat melukai diri sendiri. Kalau posisi kamu berada di bagian kanan, maka genggam ujung dayung dengan menggunakan telapak tangan kanan, begitu juga dengan sebaliknya.

7.Ketika Terjatuh

Saat bermain arung jeram, terjatuh dari perahu merupakan hal yang wajar terjadi. Namun kamu harus tetap tenang dan jangan sampai panik. Arahkan tubuh kamu ke atas lalu terlentang, ikuti saja arusnya. Arahkan tubuh sesuai dengan arah arus dan jangan malah membelakangi arus. Usahakan angkat kaki ke permukaan air untuk dapat mengetahui adakah batu di depanmu. Jika ada, kamu dapat menahannya dengan menggunakan kaki.

8.Saat Perahu Terbalik

Ketika bermain arung jeram dan arus sedang deras, kemungkinan perahu terbalik akan sangat mungkin untuk terjadi. Kembali kami ingatkan tetaplah tenang. Cobalah keluar dari perahu yang terbalik dengan cara menyelam. Karena jika terus menerus berada pada perahu yang terbalik, dikhawatirkan akan terkena batu.

Kini kamu sudah mengetahui apa tips untuk bermain arung jeram, sudah siapkah kamu untuk bermain arung jeram?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *