Tips Lakukan Trekking Untuk Pemula

Melakukan olahraga bisa menjadi media yang tepat untuk menyehatkan tubuh. Banyak olahraga yang bisa dilakukan, seperti hiking, berenang, lari, dan salah satunya adalah trekking. Selain menyenangkan untuk dilakukan, trekking bisa memberikan banyak manfaat untuk tubuh. Selain itu olahraga ini juga baik untuk kesehatan jantung.

Karena banyak manfaat yang bisa dirasakan dari olahraga ini, kita pun harus bisa melakukannya dengan cara yang baik dan benar, sehingga manfaat yang dirasakannya menjadi lebih optimal. Jika ingin mencoba melakukan trekking, berikut ini adalah beberapa tips yang bisa dilakukan kalau ingin melakukan trekking.

Tips Trekking

1.Perbanyak Latihan

Pertama dan utama kita harus memperbanyak latihan. Saat pertama kalinya melakukan trekking, jangan langsung ambil rute yang panjang. Coba sesuaikan dengan kemampuan fisikmu, terlebih lagi kamu baru pertama kali melakukannya. Kemudian secara perlahan namun pasti, coba untuk ambil rute yang lebih panjang dengan medan yang berbeda juga. Lama kelamaan, pasti kamu bisa menemukan cara yang baik untuk atur pernafasan juga tenaga, sehingga kaki menjadi tidak mudah untuk lelah dan semakin cepat nantinya.

2. Cari Alas Kaki yang Tepat

Ketika sedang melakukan trekking, gunakanlah alas kaki yang tepat. Ini merupakan hal yang penting, karena jika salah menggunakan alas kaki nanti bisa menghambat perjalanan. Misalnya ketika sedang melakukan trekking di dalam hutan, karena medan yang licin dan kamu menggunakan senda jepit, nanti khawatir kamu akan terpeleset, tergigit serangga, dan masih banyak kemungkinan lainnya. Jadi lebih baik gunakanlah alas kaki yang memiliki cengkraman yang kuat. Selain itu ketika hendak memulai, pastikan sudah memeriksa kalau alas kaki siap untuk digunakan.

3. Gunakan Pakaian Nyaman

Ketika bersiap untuk melakukan trekking, pastikan kenakan pakaian yang tetap nyaman meski digunakan untuk berlari. Mungkin ini terdengar sepele, namun dengan gunakan pakaian yang memang dikhususkan untuk berlari akan membuat kamu menjadi tidak mudah untuk merasakan panas. Selain itu jika memilih mengenakan jaket, pilihlah yang tidak terlalu tebal.

4.Perbanyak Olahraga

Dengan memiliki bodi yang fit dan kaki yang kuat, kegiatan trekking akan lebih menyenangkan dan tidak menyiksa. Keadaan tubuh yang siap dengan medan akan membuat kita menjadi tidak mudah untuk lelah dan mengurangi kemungkinan untuk berhenti beristirahat. Ini akan membuat kamu menjadi lebih cepat menuju ke tujuan. Untuk memperkuat tubuh, bisa dilakukan dengan melakukan olahraga seperti joging, Scot jump, berenang, dan masih banyak lainnya.

5. Bawa bekal dan juga Peralatan

Membawa bekal dan peralatan untuk trekking dirasa penting, tapi pastikan yang dibawa tidak terlalu berlebihan. Membawa yang berlebihan nantinya hanya akan memperberat tubuh dan membuat kamu menjadi lebih cepat untuk merasakan lelah. Bawalah yang benar-benar penting, seperti misalnya lotion anti nyamuk, senter, atau perlindungan diri. Tetapi jika memang ingin bermalan di tengah perjalanan melakukan trekking, bisa bawa tenda dan peralatan tidur yang lebih praktis.

6. Lakukan Bersama dengan Teman

Tips terakhir dari kami adalah coba lakukan trekking bersama dengan teman-teman. Kegiatan ini akan menjadi lebih berkesan dan menyenangkan jika tidak sendiri. Selain itu melakukan trekking bersama dengan teman bisa mengurangi rasa lelah dan juga bisa saling menjaga satu sama lainnya.

Nah, itulah beberapa tips yang dibutuhkan jika ingin melakukan trekking. Jangan lupa untuk tetap jaga kesehatan sebelum memulai kegiatan trekkingmu!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *