Tips Melakukan Bungee Jumping untuk Pemula

Kini semakin banyak olahraga ekstrem yang menantang untuk dilakukan. Bagi mereka yang gemar memompa adrenalin, kegiatan ini candu untuk dilakukan. Salah satu olahraga ektrem yang populer adalah Bungee Jumping atau Bungy Jumping. Meski yang dilihat hanyalah orang – orang yang melompat dari ketinggian, ternyata banyak yang perlu untuk dipersiapkan untuk bisa melakukan kegiatan ini agar nantinya tidak berakibat fatal.

Kamu dapat melakukan Bungee Jumping ini dari tempat yang ketinggiannya beberapa ratus meter. Ada tali elastis yang akan diikatkan pada badan. Bagi kamu yang penasaran, perhatikan beberapa hal dibawah ini untuk menghindari hal fatal yang tidak diinginkan.

Persiapan Melakukan Bungee Jumping

1.Persiapan

Sebelum melakukan kegiatan ini, lebih baik cari dulu informasi penting mengenaik Bungee Jumping. Cari tahu bagaimana cara melakukan Bungee Jumping, bagaimana cara melakukannya dengan aman, dan juga dimana tempat untuk melakukan Bungee Jumping yang bagus. Hal ini sangat harus diperhatikan untuk bisa menghindari resiko buruk.

Carilah tempat yang sudah legal dan profesional. Pastikan juga sebelum melakukannya, kamu bertanya mengenai operasional, sejarah, peralatan, staf yang bertanggung jawab, dan lain sebagainya. Tidak apa banyak bertanya, ini semua demi keselamatan kamu.

2.Persiapkan Diri

Olahraga ekstrem ini membutuhkan persiapan yang cukup besar dan tidak bisa asal melakukannya. Kamu harus bisa mempersiapkan fisik dan mental kamu, akrena Bungee Jumping membutuhkan kebugaran dan juga keberanian yang luar biasa.

3.Persiapan Fisik

Untuk kamu yang memiliki riwayat penyakit jantung, olahraga satu ini tidak diperkenankan untuk Anda. Selain itu juga tidak direkomendasikan untuk kamu yang memiliki penyakit tekanan darah tinggi, epilepsi, pusing, kecelakaan tulang di tulang belakang, leher, dan kaki.

Bungee Jumping membutuhkan banyak perlengkapan yang melekat pada tubuh kita, jika memiliki cedera pada kaki, leher, atau tulang belakang akan mempersulit kamu dalam melakukan Bungee Jumping karena akan ada tekanan yang tercipta pada anggota tubuh. Hal ini akan sangat membahayakan kamu dan menyebabkan anggota tubuh tersebut menjadi semakin cedera.

4.Persiapan Mental

Pastikan mental kamu siap sebelum melakukan Bungee Jumping ini. Bagi kamu yang memang takut akan ketinggian, sangat tidak disarankan untuk melakukan olahraga ini. Selalu berpikiran positif dan juga jangan berpikir negatif tentang apa yang akan terjadi. Hal ini dilakukan agar mental menjadi lebih siap dan kamu dapat melompat sesuai dengan yang diharapkan.

5.Pahami Perlengkapan

Pahami apa saja yang dibutuhkan dalam melakukan Bungee Jumping ini, seperti perlengkapan badan dan kaki. Perlengkapan di badan memungkinkan untuk bergerak dengan mudah dan juga berputar sepenuhnya. Perlengkapan di bagian kaki melekat di kedua pergelangan kaki dan harus memiliki perlengkapan pengganti.

6.Pelaksanaannya

Periksa pemasangan alat sebelum meloncat dan pastikan alatnya sudah terpasang dengan benar. Jika dirasa pemasangannya kurang tepat, segera tanyakan pada petugas, ini agar tidak membahayakan diri kamu.

7.Perhatikan Pakaian

Pastikan kamu menggunakan pakaian yang nyaman dan jangan gunakan celana yang terlalu ketat dan terlalu longgar. Pastikan baju kamu telah masuk ke dalam celana. Pakai sepatu yang tidak menutupi pergelangan kaki, karena akan mengganggu sambungan perlengkapan di bagian kaki. Jangan juga gunakna highheels serta rok. Jika rambut kamu panjang, ikatlah agar tidak tersangkut atau malah memukul wajah kamu sendiri.

Nah itulah beberapa tips melakukan Bungee Jumping bagi kamu yang pemula. Ingat untuk sellau memperhatikan instruksi dengan baik dan semoga informasi ini bermanfaat untuk kamu semua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *