Tips Melakukan Lari Pagi

Kegiatan lari pagi merupakan salah satu olahraga tersimple yang bisa dilakukan orang – orang sibuk. Hanya dengan melakukan lari pagi selama 30 menit, sudah merupakan hal yang lebih dari cukup. Tetapi kalau selama 30 menit itu kamu tidak melakukannya dengan benar, hal itu malah membuang waktu dan hanya menghabiskan tenaga saja.

Oleh karena itu banyak orang yang enggan melakukan lari pagi karena dianggap hanya untuk membuat lelah. Supaya lari pagi kamu bisa menjadi efektif, berikut ini adalah 6 cara untuk lari pagi dengan tepat.

Cara Lari Pagi

1.Sarapan Sebelum Lari Pagi

Biasanya lari pagi akan sangat menguras tenaga, jadi kamu harus mempersiapkan kondisi tubuh agar tidak pusing dan lesu saat sedang berolahraga. Cara paling ampun untuk menambah tenaga adalah dengan cara menambah asupan pada tubuh dengan makan sarapan.

Jika kamu tidak menyukai sarapan nasi, maka cobalah untuk makan karbohidrat lain seperti roti atau sereal. Bisa juga makan buah – buahan yang ditambahkan dengan menu sarapan kamu.

2.Lakukan Pemanasan Sebelum Memulai

Pastinya tubuh kamu merasakan kaku karena semalaman beristirahat. Kalau kamu langsung mengajak tubuh untuk melakukan olahraga, kamu bisa dengan mudah untuk terserang keram saat sedang berlari.

Untuk bisa menghindari itu, lakukanlah pemanasan ringan. Seperti lakukan jumping jack 3-5 set atau lari di tempat agar otot pada tubuh terasa lemas. Sambil berlari di tempat, lakukan juga pergerakan dibagian tangan dan kepala agar seluruh tubuh siap. Lakukan juga stretching di lengan dan kaki.

3.Gunakan Outfit Lari yang Nyaman dan Tepat

Meski hanya melakukan lari pagi, tetap gunakan pakaian yang dapat membuat kamu nyaman dan juga pede. Apalagi jika setelah olah raga lalu keti kamu tampak basah dan membuat kamu tidak pede. Pastinya acara lari pagi kamu malahan dapat mengurangi mood kamu.

Jadi siapkan outfit yang cocok dengan lari pagi, pastikan juga gunakan sepatu yang dikhususkan untuk lari serta memiliki ukuran yang pas dan nyaman di kaki.

4.Lari Dengan Postur yang tepat

Untuk mendapatkan lari pagi yang efektif, kamu harus melakukannya dengan postur tubuh yang tepat. Jadi mulai perhatikan postur lari mulai sekarang.

Saat sedang berlari, jaga arah pandangan agar tetap lurus dan jangan lihat ke sepatu. Lemaskan pundak kamu dan juga posisikan tangan dengan santai pada sisi pinggang selama berlari, agar bagian pundak dan leher tidak pegal. Hindari untuk menapak dengan ujung jari kaki, karena itu akan mempercepat kamu lelah.

5.Buat Capaian Saat Berlari

Kamu hanya akan membuang waktu jika berlari tanpa tujuan. Meski ini hanya merupakan lari pagi biasa, pastikan kamu membuat tujuan pada setiap kegiatannya. Tentukan dimana kamu akan menyelesaikan lari pagi ini dan rute mana yang akan diambil.

Selain itu tentukan juga kecepatan lari seperti apa yang ingin kamu lakukan.Jangan lupa untuk mengukur kecepatan berlari kamu. Bisa dengan menggunakan smartwatch atau aplikasi pada smartphone.

6.Asupan Air Cukup

Saat melakukan lari pagi, jangan lupa untuk selalu membawa air dan sering – seringlah meminumnya. Karena itu pastikan untuk meminum air setidaknya 1 – 2 gelas sebelum tidur dan bawa botol air saat sedang melakukan lari pagi. Jangan sampai tubuh kekurangan cairan.

Jadi bagaimana? Tips yang kami berikan mudah bukan untuk diikuti agar lari pagimu menjadi lebih efektif dan lebih bermanfaat tentunya. Selamat berlari pagi!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *