Tips Melakukan Surfing!

Surfing merupakan kegiatan yang asik dilakukan jika memang sudah mahir melakukannya. Jika kamu pergi liburan ke Bali, Lombok, atau Sumbawa dan mengunjungi pantai – pantainya, kamu dapat melihat para peselancar yang sedang asik bermain – main di tengah ombak. Ombak yang tinggi dan didukung dengan pemandangan yang indah, membuat para peselancar ini menganggap Indonesia sebagai surganya para peselancar.

Melihat mereka melakukan beragam aksi yang menantang, pasti membuat kamu ingin melakukan hal yang sama bukan? Tapi olahraga satu ini masuk ke dalam olah raga yang ekstrem. Membutuhkan kemampuan dan mengetahui teknik yang benar untuk bisa melakukannya.

Sebelum melakukan surfing, ada baiknya kita untuk mengetahui tentang tips berselancar untuk para pemula. Berikut tipsnya untuk kamu.

Tips Melakukan Surfing Bagi Pemula

1.Bisa Berenang

Jika kamu ingin melakukan surfing, pastikan kamu bisa berenang, ya! Karena sebagian besar aktivitas ini berkaitan dengan teknik berenang. Kalau kamu ingin melakukannya tapi tidak bisa berenang, setidaknya pelajari terlebih dahulu teknik – teknik berenang. Mulai dari mengambang, berenang, hingga gaya bebas.

Lalu sebaiknya sebelum mencoba untuk mengayuh papan selancar ini di laut bebas, ada baiknya untuk mencobanya di pantai yang aman serta memiliki ketinggian ombak yang sedang.

2.Pemanasan

Sebelum memulai latihan selancar, lakukanlah pemanasan terlebih dahulu. Pemanasan dapat membuat otot menjadi lemas dan menghindari terjadinya keram, terutama untuk bagian kaki dan tangan.

Pastikan kamu melakukan pemanasan dengan benar. Jika tidak melakukannya dengan baik, takutnya otot bukannya lemas malah menjadi keram saat sedang melakukan pemanasan.

3.Latihan Mendayung

Selain latihan berenang seperti melakukan gaya bebas dan berenang di lautan, kini cobalah untuk berlatih mendayung di atas papan. Biasanya para peselancar melatihnya di pinggir pantai sebelum mencoba berselancar di lautan. Lakukan ini dengan cara telungkup di atas papan.

Pastikan tubuh kamu merasakan nyaman dan berada pada posisi yang pas. Jika sudah, gunakan kedua tangan untuk melakukan gerakan mendayung. Gerakkan tangan dalam air yang kuat sambil menutup jari – jari tapat. Jangan lakukan dengan terburu – buru saat mendayung, lakukanlah dengan gerakan yang santai.

Ketika mendayung, jangan lupa untuk mengaitkan tali yang ada pada board agar kamu tidak terbawa arus ombak saat jatuh dari papan.

4.Lakukan Latihan Duck Diving

Saat sudah dapat melakukan beberapa latihan yang ada di atas, kini cobalah latihan gaya duck diving atau biasa disebut gaya bebek. Ini merupakan gaya yang akan memungkinkan kamu untuk mengayuh keluar saat melewati ombak.

Tujuannya adalah untuk bisa menghindari kehilangan stamina saat terus menerus terhantam ombak. Kamu harus bisa fokus untuk bisa menguasai gerakan ini. Jangan terlalu panik saat dihantam ombak, pastikan posisikan tubuh berada pada atas papan senyaman mungkin.

5.Latihan Berdiri, Kendarai Ombak, dan Kenal Etiket Berselancar.

Berdiri pada atas papan tidak semudah yang dilihat, kamu harus bisa mengendalikan keseimbangan tubuh dan juga pandangan mata fokus ke depan. Mulai denhan memindahkan tangan dari posisi mendayung, lalu posisikan tangan pada atas dada secara perlahan untuk mendorong tubuh ke atas. Lakukan ini dengan cepat agar tidak mudah terjatuh.

Setelah itu kendarai ombak, kenali karakteristik ombak dulu sebelum mengendarainya. Kalau ombak miring, terapkan teknik mengayuh agar tetap ada di depan ombak. Tapi jika ombak itu ekstrem, ikutilah dropline palung datar gelombang. Karena kemungkinan ombak ini akan menghempaskan para peselancar secara acak.

Kenalilah etika dalam surfing, patuhi aturan yang harus peselancar atuhi. Seperti sikap berselancar saat mendayung pada arah ombak. Pada kondisi tersebut, hanya para peselancar yang dekat ombak yang boleh mendekatinya.

Itulah beberapa tips dalam berselancar, semoga membantu!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *